Friday 22 January 2016

Resep Sambal Cabai Hijau Khas Padang



Resep Sambal Cabai Hijau Khas Padang

Sambal Cabai Hijau Khas Padang merupakan sambal pavorit bagi sebagaian besar pelanggan yang makan di rumah makan Padang. Bentuknya yang tidak halus dan terlihat kasar terutama pada cabainya menjadi ciri khas sambal cabai hijau ini dan rasanyapun sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Lalap daun singkong dan sayur nangka adalah menu lainnya yang juga menemani sambal cabai hijau ini.


Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa makan di rumah makan padang menikmati sambal cabai hijau ini mungkin sudah terbiasa, namun bagi yang memiliki selera masakan Betawi atau Sunda mungkin rasanya tidak umum dimana sambal betawi dan sunda memang bercitarasa pedas namun sambal cabai hijau rumah makan Padang ini boleh dibilang bukan pedasnya yang ingin ditonjolkan tetapi justru tekstur dan rasa berbagai bahan campuran lainnya yang membuat rasanya spesial.

Membuat sambal cabai hijau khas rumah makan Padang ini juga tidak terlalu sulit bahkan lebih mudah karena tidak perlu memnumbuk halus bahan-bahan yang ada tetapi cukup tumbuk kasar agar terlihat tekstur cabai hijaunya. Bagi bunda yang penasaran dan ingin mencobanya berikut  

IniResepnya
Bahan membuat sambal cabai hijau khas Padang
  • 250 gram cabai hijau
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah tomat hijau
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sendok teh air jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Cara membuat sambal cabai hijau
  1. Ambil 250 gram cabai hijau lalu dipotong kasar.
  2. Selanjutnya cabai hijau yang sudah dipotong kasar tersebut dikukus bersama 2 siung bawang merah, 1 buah tomat hijau, dan 1 siung bawang putih selama 5 menit sampai bahan menjadi layu.
  3. Setelah layu lalu semua bahan tadi ditumbuk kasar dan jangan sampai halus karena ini merupakan ciri khas sambal cabai hijau khas Padang.
  4. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng lalu bahan cabai hijau ditumis hingga mengeluarkan aroma dari bumbu-bumbu tadi.
  5. Tambahkan ¼ sendok teh air jeruk nipis, garam dan gula secukupnya dan diaduk kembali hingga seluruh bahan tercampur dengan merata.
  6. Masak terus sampai sambal cabai hijau matang dan siap untuk disajikan.
Catatan:
Dengan takaran bahan seperti pada resep ini maka sambal cabai hijau yang dihasilkan dapat dikonsumsi untuk 4 orang atau 4 porsi tetapi tetap bagaimana seleranya.

Tips.

Untuk mendapatkan hasil sambal yang segar gunakan bahan-bahan yang masih segar agar apa yang sudah bunda masak dapat dinikmati dengan lahap oleh seluruh anggota keluarga.

Demikianlah tentang bagaimana membuat Sambal Cabai Hijau Khas Masakan Padang semoga bermanfaat dan dapat menambah koleksi masakan bunda.

No comments:

Post a Comment

aneka resep masakan

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Translate

resep dapur nenek

Resep Membuat Bebek Bakar Empuk

Popular Posts

Blog Archive